Sabtu, 26 Januari 2013

Heppy Trenggono: How to be Debt Free


Tulisan ini adalah resume dari seminar How to be debt free di Bandung pada tahun 2011. Seminar ini mengajari bagaimana caranya bebas hutang. Seminar ini adalah merupakan hasil pengalaman beliau dan juga hasil berguru ke mentor mentor bisnisnya di lua negeri.  Mas heppy sendiri  memang dulu pernah terlilit hutang hingga 62 miliar dan Alhamdulillah bisa terlepas  dan bahkan meloncat menjadi triliuner dalm waktu kurang lebih 5 tahun.  Beliau memberikan trik dan teknik melunasi hutang hutang yang cukup besar ini.  Selamat mempelajari materi busines yang luar biasa ini.
Secara Umum Hutang menurut IIBF (Indonesia Islamic Business Forum)  dibagi 2:
  1. Good debt; Hutang yang membuat kita lebih kaya dari sebelumnya. Digunakan sebagai leverage (daya ungkit)
  2. Bad debt; Hutang yang membuat kita miskin.  kita berhutang untuk keperluan yang tidak penting seperti keperluan rumah tangga dan gaya hidup. Rentenir untuk keperluan bisnis pun bisa masuk ini.  Investment debt yang sudah tidak dapat membiayai diri sendiri juga masuk kriteria ini. Bunga bank termasuk bad debt. Harus anda mengerti bahwa Bad DEBT IS SLAVERY..
Menurut pak Heppy , orang yahudi saja melarang menggunakan riba. Kenapa menggunakan ini.? Pelajari Undang Undang Syariah no 10.  Jika anda tahu sesengguhnya Bank syariah di wajibkan menanggung kerugian. Mungkin anda bertanya, jika saya kredit rumah gimana ya? Kalo ga kredit, lama punya nya donk?  Kredit Rumah, Selama syariah boleh saja, tetapi sepanjang bisa membayar diri sendiri it’s fine atau rasio kredit anda cukup untuk memenuhi kewajiban itu. misalnya Gaji anda 10 juta maka kemungkinan kemampuan yang pantas membayar kredit sebesar 2 juta. (ehmm salah dong ane he.he). Yang penting anda tahu bagaimana cara teknik bermainnya.
PAK HEPPY;  Tidak pernah menemukan orang yang sukses besar karena RIBA, (pun ada yang terlihat besar menggunakan riba, perusahaan ini masih bisa hidup karena adanya hutang riba itu)
Kapan seh kita boleh berhutang?
Menurut Mas Heppy, Kita boleh berhutang ketika busines sudah mulai growth (naik terus) , ketika bisnis sudah jalan dan terlihat prospeknya.  bukan saat start, pada saat start gunakanlah investor.  Dan Juga kita di anjurkan tidak berhutang saat agak menurun (setelah puncak kurva pertumbuhan bisnis yang akan menimbulkan panic financing). Bahanya ketika panic financing, Banyak orang nekat meneruskan pembayaran hutangdengan alasan menjaga integritas. Takut credit rate nya naik jadi call 3 atau lebih.  Sehingga akibatnya bisnis ambruk tidak bisa menutupi hutangnya.
Anjuran beliau  pak Heppy kita harus punya limit berapa angka yang sanggup kita bayar cicilan hutang itu.
Lalu apa saja yang harus kita lakukan untuk bisa melunasi hutang hutang bisnis kita?
  1. Pelajari Kesalahan kita; Hijrah,  Jauhi Riba. Biasanya pengusaha jatuh karena menggunakan mekasnisme leverage hutang bank menggunakan Riba/bunga. Mas Heppy sadar betul bahwa riba adalah larangan agama yang harus di hindari. Inilah yang menjadi titik balik perjuangan beliau.
  2. Apa Yang kita Bela, Agar kita di tolong ALLAH SWT dari hutang hutangkita, maka kita juga harus punya nilai-nilai yang jelas kita bela. Selain Beliau mengaskan perjuangan anti Riba, beliau juga mengaskan perjuangan hidupnya untuk membantu ummat dan bangsa Indonesia untuk bangkit dari keterpurukan bangsa. Beliau juga sangat komitmen untuk menggerakan bangsa melalui Gerakan Beli Indonesia. Pembelaan nya terhadap kaum duafa juga sangat dintensifkan ketika terjepit hutang.
  3. Sungguh Sungguh dalam mengerjakan pekerjaan. (Man Jadda Wa Jadda)
  4.  Sungguh Sungguh berusaha dekat kepada ALLAH SWT.
  5. Sungguh sungguh dalam Ucapan
  6. Sungguh Sungguh yakin Bahwa Anda akan berhasil menyeselesaikan hutang.
  7. 80 %  Fokus membangun usaha, 20 % menangani masalah.
  8. Never take Personal Guarantee apapun bentuknya. Jika bank meminta jaminan rumah anda, padahal anda sudah menjaminkan tempat  usaha anda atau project anda. Karena inilah jahatnya kapitalis. Dia ingin mengunci kita ketika sulit sehingga kita lumpuh. Abdul latif pernah marah kepada bank mandiri ketika meminta jaminan rumah padahal nilai rumah kalimalangnya tidak seberapa dibanding hutang yang ditawarkan. Beliau marah karena tidak baiknya niat bank mandiri untuk menjepit diri dan keluarganya jika terjadi keadaan yang tidak baik didepan.
  9. Find Cosolidation. Temukan partner hutang yang bisa diajak bicara atau senada dengan anda.
  10. Metode Snow Balling. Metode ini dilakukan jika kita masih bisa membayar tetapi perusahaan sedang sulit.  Naikanlah Budget Cicilan anda ketika anda mampu. Mulai dari hutang hutang jangka pendek dulu, yang 2 tahun, 3 tahun terus hingga 10 tahu. Naikan cicilan anda 10 %. Jika 10 juta maka naikan jadi 11 juta  rupiah. Atau 20 %. Maka jangka waktu akan lebih cepat lagi, dari 15 tahun bisa menjadi 8 tahun. Hanya dengan menaikan jumlah pokoknya 10% anda sangat jauh cicilannya.
  11. Berbuat baiklah di saat sempit. Pak Heppy mensedekahkan uang 10 – 20 % uang yang diterima .  Sehingga ketika debt collector datang, pembela nya adalah warga sekitar yang simpati kepada beliau. Sedekah sangat membantu kita keluar dari kesulitan.
  12.  Cut Off. Ada bebeberapa jenis cut Off;  Hutang yang tadinya good debt  kemudian macet menjadi bad debt.  Hentikan bayar hutang anda dulu. Bisa jadi jika anda teruskan project lain yang akan dikerjakan terkena imbasnya.  Semua cabang bisnis yang jalan diteruskan, yang merugi di stop. Lechman brothers berhenti/menyatakan bankrut bukan karena ga punya uang. Tapi karena awareness nya tinggi. Anda harus punya strategi exit. Cut off butuh mentalitas. Hasjim Johyohadikusumo melakukan hal yang sama ketika 98. Bukan ngemplang hutang. Tetap harus dibayar tapi sementara fokus kepada pengembangan bisnis.
  13. Never take long term Credit with short term. Jangan Pernah ambil kredit  aset jangka panjang dengan jangka waktu yang pendek.
  14. Never take debt with many Creditor.  Jangan ambil hutang dengan banyak kreditor. Cukup satu Kreditor tapi dengan Jumlah Besar.Bahaya nya ketika  terjadi kemacetan anda akan pusing dengan banyak pihak dan menambah konsentrasi anda.
  15.  Hutang boleh tapi harus untuk yang penting saja.
  16. Lesson won”t change until we change ourshelves. Segalanya tidak akan berubah sampai kita merubah diri kita sendiri.
  17.  Jujur berhutang
  18. Selalu periksa apakah pinjaman Project bisa menutupi cicilan Bank?
  19. Debt collector.  Negosiasikan hutang, upayakan agar anda hanya membayar pokoknya saja. Pak heppy berhasil mengosiasikan hutang hingga bisa membayar hutangnya hampir setengahnya.
  20. Sholat subuh Berjamaah. Pa Heppy selalu berusaha sholat subuh berjamaah karena beliau Ingat barang siapa yang sholat subuh berjamaah akan dilindungi ALLAH SWT.
  21. Naikan Income bisnis, push down Simplicity. Naikan omset bisnis turunkan biaya biaya (baik bisnis maupun pribadi).
  22. Pilahlah pendapatan anda; Contoh Dari uang anda bagi menjadi: 10 % sedekah, Saving 10%, Family x %, Cicilan hutang  20% dll.
Saya sangat menganjurkan anda untuk mengikuti seminar how to be debt free yang diadakan oleh IIBF. Anda akan banyak mendapatkan penjelasan yang lebih detail dan lebih memuaskan.
“ciri ciri orang yang gampang terjerat hutang adalah ketika yang dibicarakannya hanya harta dan harta saja”.  Heppy trenggono.
source: http://alinorman.wordpress.com/2012/06/09/how-to-be-debt-free/

1 komentar:

  1. Aku harus bersaksi tentang perbuatan baik Ibu Amanda Amanda Perusahaan Kredit.
    Saya tidak pernah berpikir saya akan sepanjang hidup saya bertemu seseorang seperti Ibu Amanda. Dia adalah permata yang langka. Saya Husnah dan saya meluangkan waktu saya untuk bersaksi tentang Ibu Amanda karena dia akhirnya menawarkan apa tidak ada orang lain bisa.
    Saya dan suami saya masuk ke utang yang sangat besar dengan debitur dan Bank dan kita mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman yang berbeda tetapi semua datang ke sia-sia. sebaliknya mereka membawa kita ke dalam lebih banyak utang dan berakhir meninggalkan kami pecah sampai saya datang di kontak dengan Ibu Amanda, Dia menawarkan pinjaman meskipun pada awalnya saya takut akan berakhir seperti pinjaman perusahaan lain saya telah menemukan tapi dia tidak seperti mereka. Sekarang kita telah akhirnya menetap utang kami dan memulai bisnis baru dengan uang yang tersisa dari pinjaman.
    Hubungi Ibu Amanda melalui salah satu email berikut.
    amandarichardssonloanfirm@gmail.com, amandaloan@qualityservice.com, amandaloanfirm@cash4u.com atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk arahan lebih lanjut ikmahusnah@gmail.com

    BalasHapus